Banner sumsel

Alat Berat dari Sektor ESDM Terus Masuki Wilayah Palu

PALU, koranindonesia.id – Tim Siaga Bencana Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus bergerak cepat untuk memulihkan kondisi terdampak gempa bumi di wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya.

Hari ini, Sabtu (6/10/2018) dua unit excavator PT BUMA sudah berangkat dari balikpapan menuju Palu.

Sementara, pukul 14.00 WITA tadi, bantuan logistik yang terdiri dari sembilan container dan satu unit Excavator (PC 200) dari perusahaan pertambangan Berau Coal serta Pemerintah Daerah Berau, Kalimantan Timur telah berangkat ke Palu.

Bayan Emergency Response Team dari Perusahaan PT Bayan Resources juga telah berangkat dengan membawa sejumlah alat berat untuk melakukan evakuasi.

Tim telah berangkat hari ini dari dermaga menuju Samarinda, selanjutnya di Samarinda akan berganti kapal menuju Palu. Diperkirakan tim akan tiba di Palu pada 9 Oktober mendatang.

(FOTO/IST)

“Seluruh stakeholders sektor ESDM yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana ESDM terus bergerak dan mengerahkan segenap kemampuan untuk membantu proses pemulihan wilayah terdampak gempa bumi di Sulawesi Tengah,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi, dilansir esdm.go.id, Sabtu (6/10/2018).

Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan air bersih di Posko Utama Siaga Bencana ESDM, Badan Geologi juga segera membangun sumur bor, mengingat terbatasnya ketersediaan air bersih di sekitar posko.

“Tim rescue ESDM setiap hari bergelut dengan proses evakuasi (korban), sehingga memerlukan ketersediaan air untuk membersihkan diri,” lanjut Agung.

Hari ini, Badan Geologi juga telah melakukan pemboran sumur air di beberapa lokasi, terutama Rumah Sakit dan Posko Pengungsian.
Kementerian ESDM memastikan semua unsur ESDM terlibat secara aktif dan cepat terkait penanganan bencana gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Bantuan akan terus diberikan hingga kondisi lokasi terdampak benar-benar pulih,” pungkas Agung.
(ded/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.