Aklamasi, Airlangga Hartarto Kembali Jadi Ketum Golkar

JAKARTA, koranindonesia.id – Airlangga Hartarto ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024 secara aklamasi. Penetapan dilakukan setelah 100 persen pemegang hak suara Munas X Golkar menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto memimpin kembali Partai Golkar.

“Memutuskan menetapkan keputusan Munas X Partai Golkar tentang pengesahan Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024, mengangkat dan mengesahkan saudara Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024,” ujar Sekretaris Pimpinan Sidang Munas X Golkar Sarmuji saat rapat paripurna di arena Munas X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (4/12/2019) malam.

Pengesahan Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar 2019-2024 itu disepakati seluruh peserta Munas X Golkar, sebab Airlangga memperoleh dukungan 100 persen suara dalam Munas atau aklamasi. Dukungan disampaikan saat pemandangan umum terhadap Laporan Pertanggungjawaban DPP Golkar yang disampaikan Airlangga Hartarto.

Penetapan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 ini tidak dilakukan melalui proses pemilihan dan lebih cepat satu hari dari jadwal pemilihan Ketua Umum. Sesuai agenda Panitia Munas, Pemilihan Ketua Umum/Ketua Formatur dijadwalkan mulai pukul 19.00, Kamis (5/12/2019) dalam Rapat Paripurna VI.

Proses penetapan dilakukan setelah seluruh pemilik suara yaitu DPD I dan II, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pakar, organisasi sayap dan ormas, seperti Kosgoro 1957, MKGR, AMPI, AMPG, KPPG, Pengajian Al-Hidayah, HWK, MDI, dan Satkar Ulama, mengusulkan Airlangga sebagai Caketum saat menyampaikan pemandangan umum terhadap LPJ DPP Partai Golkar. Ketika itu, Azis Syamsudin yang memimpin rapat meminta persetujuan peserta Munas.

“Karena ini lapangnya suasana dalam keadaan kondisi yang sejuk tidak ada calon lagi, sepakatkah dalam forum rapat Munas X ini untuk mempersingkat dan kami tetapkan sebagai ketua umum DPP Golkar periodisasi 2019-2024, setuju?” kata Azis Syamsuddin.
Para kader Golkar ramai-ramai berteriak “setuju”.

“Setuju!” teriak mereka.

Tepuk tangan membahana dalam ruangan Ballroom Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta setelah Airlangga ditetapkan sebagai ketum terpilih. Airlangga yang duduk di deretan kursi paling depan berdiri dan melambaikan tangan.

Selain menetapkan Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar 2019-2024, Munas X Golkar juga menyepakati Ketua Umum yang telah ditetapkan menjadi Ketua Formatur yang memiliki mandat penuh dalam menyusun komposisi DPP Partai Golkar 2019-2024.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.