Banner sumsel

Akhirnya Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan Penuhi Panggilan KPK

JAKARTA,koranindonesia.Id-Setelah dua kali mangkir dari panggilan KPK, akhirnya Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan yang ditetapkan sebagai tersangka suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedatangan Taufik Kurniawan sangat mengejutkan, sebab dua kali panggilan sebelumnya dirinya tidak hardir. Taufik mangkir atas panggilan KPK pada Kamis (25/10/2018) dan Kamis (1/11/2018) kemarin. Taufik dijadwalkan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus suap DAK Kabupaten Kebumen pada APBN Perubahan Tahun 2016.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan hingga saat ini Taufik masih dalam pemeriksaan penyidik KPK. Rencananya lembaga antirasuah itu bakal mendalami keterangan Taufik soal uang DAK yang dia terima.

“Pemeriksaan Taufik sebagai tersangka, sebab KPK telah menetapkan statusnya sebagai tersangka,” jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini diduga telah menerima hadiah atau janji terkait anggaran DAK pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016. Dalam pengesahan APBN Perubahan Tahun 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alikasi DAK tambahan senilai Rp93,37 miliar.

“Kasus kini, Taufik diduga menerima fee pengurusan DAK tersebut dari Bupati Kebumen nonaktif, M Yahya Fuad, senilai Rp3,65 miliar. Seperti Taufik, Yahya juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.