Banner sumsel

Akhir November 2018 Pasangan Menikah Sudah Mendapatkan Kartu Nikah

JAKARTA,koranindonesia.Id-Kementerian agama (Kemenag) memastikan pasangan yang menikah pada tahun 2018 ini akan mendapatkan kartu nikah, pasalnya pemerintah telah menganggarkan biaya cetak kartu nikah sebesar Rp 1 miliar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan kartu nikah yang dicetak untuk 2018 ini sejumlah sejuta lembar dengan harga Rp 1.000. Diakui Amin untuk harga sebenarnya kartu nikah sebesar Rp 680, nanti sisanya akan dikembalikan ke negara.

“Sejuta kartu nikah akan dibagi keberbagai wilayah Indonesia, namun untuk 2018 ini, prioritasnya adalah di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan kota-kota besar lainnya,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dijelaskan Amin untuk terbitan pertama kartu nikah akan dimulai pada akhir November 2018. Mereka yang menikah akan mendapat buku serta kartu nikah. Suami dan istri masing-masing mendapat satu kartu nikah. Adapun untuk 2019 nanti, pemerintah menargetkan mencetak 2 juta kartu nikah.

“Kartu nikah sudah dibagikan bagi orang yang menikah pada bulan akhir November. Kemenag akan membagikan bagi pasangan yang menikah di kota-kota besar,” terangnya.

Agar masyarakat mengetahui, Kemenag telah bekerjasama dengan kemenag di daerah untuk mensosalisasikan megenai adanya kartu nikah. Dalam sosalisasi tersebut, kemenag setiap masing-masing daerah menjelaskan makna dan artinya kartu nikah bagi pasangan nikah yang mendapatkan karti nikah tersebut.

“Intinya semua pasangan menikah semuanya akan mendapatkan kartu nikah, begitu juga dengan pasangan yang sudah menikah bisa mendapatkan kartu nikah diambil di kantor Kemenag di tempat tinggal masing-masing,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.