Banner sumsel

Ajak Seniman Ramaikan Tepian Sekanak Bersolek

Jadi Tempat Berfoto Hingga Berenang

PALEMBANG,koranindonesia.Id – Tepian Sekanak Bersolek menjadi salah satu destinasi wisata pilihan masyarakat Palembang. Untuk lebih meramaikannya Dinas Pariwisata Kota Palembang mengajak para seniman untuk mengadakan pertunjukan setiap akhir pekan di kawasan dekat Kantor Walikota Palembang itu.

Sungai Sekanak yang dulunya kurang terawat dan terkesan dibiarkan begitu saja, kini dilakukan restorasi oleh Pemkot Palembang. Selain dicat warna-warni, dipasang juga lantai terapung di tepian sungai. Kondisi sungai yang lebih bersih dari sebelumnya, bahkan dijadikan untuk berenang oleh anak-anak warga sekitar.

Restorasi sungai untuk mengembalikan lagi fungsi sungai maka dilakukan juga pengerukan dasar sungai. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pun melakukan pengerukan Sungai Sekanak dengan kedalaman 2 meter.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, Tepian Sekanak Bersolek menjadi nama destinasi baru di Palembang. Pengecatan lantai tepian sungai juga mural di dinding sungai mempercantik kawasan ini.

Sebelumnya pun PUPR memastikan November ini tahapan restorasi selesai. Isnaini mengatakan,  setelah restorasi selesai, Tepian Sekanak Bersolek yang meskipun saat ini sudah banyak dikunjungi, nantinya akan ada puluhan seniman yang beratraksi sejak jam 4 sore hingga jelang maghrib.

Pihaknya akan merangkul seniman Palembang yang biasa melakukan atraksi di Pedesterian Sudirman setiap Jumat dan Sabtu malam. Nantinya, dari sore hingga maghrib beratraksi di Tepian Sekanak, setelah itu malam harinya bisa lanjut meramaikan Sudirman seperti biasa.

“Tepian Sekanak tidak hanya sekedar visual biasa saja. Tetapi kita sudah koordinasi dengan seniman yang biasa atraksi di Pedesterian Sudirman. Ini akan semakin meningkatkan kunjungan ke Sekanak,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mempersilakan pengusaha kuliner yang ingin meramaikan kawasan itu. “Hanya saja kami berharap fasilitas kuliner seperti kursi, meja tidak permanen terpasang di tepian sungai,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari Yusak mengatakan, restorasi Sungai Sekanak ditujukan sebagai salah satu cara mengembalikan simbol Palembang Venesia dari Timur. Sungai yang bersih, kembalinya transportasi air, perdagangan dan kawasan pariwisata dimulai di Sungai Sekanak.

Bastari mengatakan, Sungai Sekanak adalah satu sungai yang direstorasi selain selanjutnya ada Sungai Lambidaro, Bendung dan Sungai Buah. “Selesainya restorasi ini bisa melengkapi terwujudnya destinasi wisata yang telah diracang selama ini yakni Tepian Sekanak Bersolek,” ujarnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.