Banner sumsel

Agar Tubuh Tidak Mudah Lapar dan Lemas di Awal Puasa

PALEMBANG, Koranindonesia.id –– Saat ini, semua umat muslim di seluruh penjuru dunia, menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 Hijriah (H), dengan penuh sukacita, tak terkecuali di Indonesia. Seperti biasa dialami pada bulan Ramadan sebelumnya, tubuh kita seringkali masih belum terbiasa untuk berpuasa. Agar tubuh tidak mudah lapar dan lemas, sebaiknya konsumsi buah-buahan ini saat sahur, antara lain adalah:

1. Apel
Sebagai buah yang paling mudah ditemukan dan praktis, apel kaya akan gizi. Apel mengandung karbohidrat sehat yang meningkatkan serat tubuh, membuat tubuh merasa lebih kenyang, dan menjaga kadar gula darah. Apel juga kaya akan flavonoid yang sehat. Selalu makan apel dengan kulitnya, karena kulit apel sendiri memiliki banyak nutrisi.
2. Pisang
Enak, manis, dan legit. Buah pisang merupakan salah satu jenis buah terbaik yang disantap ketika sahur. Tidak hanya kandungan air dan serat buah yang tinggi, pisang juga mengandung potasium yang dapat melawan retensi air dan menghindari perut menjadi kembung setelah makan sahur. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang membuat tubuh menjadi lebih kenyang.
3. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki asupan serat tinggi. Selain enak diracik sebagai jus atau buah potong, alpukat mengandung 20 vitamin salah satunya mineral, fitonutrien, termasuk vitamin B6, C, dan E. Selain mengenyangkan, tidak perlu khawatir makan banyak saat sahur.
4. Kurma
Buah yang populer di bulan ramadan ini, mengandung 66 kalori dan 16 gram gula alami. Meski terdengar tinggi, tapi kurma dapat menahan rasa lapar di tubuh, bahkan membantu menurunkan berat badan. Kurma juga mengandung protein dan serat yang berguna untuk menambah energi tubuh ketika berpuasa.
5. Strawberry
Selain enak dan mengenyangkan. Strawberry mengandung polifenol yang terbukti membantu menurunkan berat badan, menghentikan sel lemak, dan membantu membuat tubuh merasa kenyang. Jika tidak suka dengan rasa asamnya, Anda bisa mencampurkan strawberry dengan es dan susu sebagai camilan manis ketika sahur.
6. Pir
Buah pir sangat bagus dikonsumsi ketika sahur. Buah pir mengandung glukosa yang tinggi, dan dapat memberi energi instan yang tinggi. Tubuh jadi tidak gampang lemas, ini karena kandungan pir sangat cepat diserap oleh tubuh dan dirubah menjadi energi. Buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak gampang sakit ketika menjalani ibadah puasa.
(berbagai sumber)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.