Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik, Ini Tipsnya

Libur Lebaran sering dijadikan ajang mudik bagi pendatang. Mereka kadang meninggalkan rumah dalam waktu tidak sebentar.

Saat Anda sedang berlibur di kampung halaman, rumah yang dalam keadaan kosong bisa saja menjadi target potensial pencurian. Kendati demikian, ada cara agar rumah tetap aman meski dalam keadaan kosong saat ditinggal mudik. Berikut ini beberapa tips, seperti dilansir dari Real Simple.

1.Gunakan kunci ganda

Tidak ada salahnya untuk memperketat keamanan di rumah selama liburan. Anda dapat menerapkan kunci ganda, dengan menggunakan gembok, menambahkan sapu atau balok sebagai ganjal atau menggunakan alarm. Sehingga ketika ada seseorang yang memaksa masuk ke dalam, akan kesulitan dan alarm akan berbunyi.

  1. Titipkan rumah ke tetangga

Jika Anda memiliki tetangga yang tidak memiliki aktivitas berpergian di Hari Raya, Anda dapat menitipkan rumah Anda kepadanya. Tetangga bisa membantu mengecek kondisi rumah Anda dari luar dan membantu menyimpan surat atau paket sampai Anda pulang.

  1. Buat rumah terlihat tidak kosong

Beberapa pencuri memilih melakukan kejahatannya pada rumah-rumah kosong. Karenanya buatlah rumah Anda seakan-akan terlihat seperti ditempati meski dalam keadaan kosong. Misalnya, dengan cara menyalakan lampu atau memberikan tanda kehidupan di dalam rumah Anda yang dapat terlihat dari luar.

  1. Jangan update foto liburan di media sosial

Tidak sedikit orang yang menggunakan media sosial untuk meng-update kabar terbaru tentang diri mereka. Salah satunya mengenai aktivitas kepergian Anda. Buruknya, hal tersebut dapat memancing calon pencuri memanfaatkannya untuk masuk ke dalam rumah Anda. Jadi sebaiknya, unggah foto liburan Anda setelah sampai rumah.

  1. Periksa kembali pintu dan jendela

Sebelum mulai mudik, sebaiknya cek kembali apakah pintu dan jendela sudah terkunci rapat. Jika diperlukan, pasang CCTV, sehingga Anda dapat memantau keadaan rumah meski sedang liburan di kampung halaman. (rd)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.