Banner sumsel

9 Rumah di Aspol Bagus Kuning Plaju Dilalap Api

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Sebanyak sembilan unit rumah di Asrama Polisi (Aspo) Bagus Kuning, Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Plaju hangus dilalap si jago merah, Sabtu (14/9/2019).

Pantauan di lapangan sedikitnya lima unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang serta beberapa unit kendaraan pemadam dari PT Pertamina dan satu unit water canon datang ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Selain selang air dari mobil pemadam langsung ke titik api, sejumlah warga dan penghuni asrama saling membantu memadamkan api, hingga lebih dari satu jam kobaran api baru dapat dipadamkan.

Bahkan, karena lokasi kejadian berada di pingging jalan utama, sempat terjadi kemacetan panjang dari arah Ampera ke Plaju dan sebaliknya. Sebab saat itu lalulintas sempat ditutup mulai dari depan Jalan Sentosa hingga ke depan Komplek Bagus Kuning.

Menurut Mariam, salah satu korban yang rumahnya terbakar, api pertama kali dari rumah Firman (keluarga almarhum Dahlan) pada bagian tengah dari belasan rumah yang ada dalam asrama dan kemudian api cepat membesar hingga menyambar ke rumah lainnya yang berbentuk dempet tersebut.

“Tadi yang saya tahu api dari rumah Firman di tengah, tapi tidak tahu juga itu sumbernya dari apa, setelah itu saya sempat ke depan. Namun setelah itu tidak bisa kembali ke rumah karena api sudah besar dan hanya ada satu tas berkas yang bisa dibawa serta satu motor juga terbakar,” tuturnya.

Sementara itu Firman saat ditemui sebelum diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut oleh aparat kepolisian menuturkan, pertama kali api terlihat di dinding kayu dalam kamar yang berdempet dengan rumah sebelah dan api dengan cepat membesar serta merambat ke rumah lainnya.

“Yang polisi itu kakek, tapi sudah meninggal (alm Dahlan) dan saat kejadian saya baru keluar kamar mandi, waktu masuk kamar melihat api di dinding kayu. Kemungkinan listrik, karena saat itu tidak ada aktivitas memasak dan ledakan kompor,” tuturrnya.

 

Di tempat yang sama, Aipda Kartijon, selaku Kepala Asrama Polisi Bagus Kuning Plaju menuturkan atas kejadian ini diperikirakan ada sekitar sembilan unit rumah yang terbakar dan berisi sembilan kepala keluarga, yang merupakan anggota kepolisian masih aktif serta pensiunan.

“Berdasarkan informasi awal, api berasal dari bagian belakang, namun belum dapat dipastikan dari rumah yang mana, begitu juga dengan penyebab kebakaran sedang dalam penyelidikan,” ujar anggota Polsek Plaju ini. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.