Banner Pemprov 2020
Banner september

7 Tanaman Pengusir Nyamuk

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga. Berbicara mengenai serangga, pastinya kamu nggak asing dengan serangga bernama nyamuk. Ya, nyamuk sudah sering ada di sekitar kita atau dalam kata lain musuh bebuyutan.

Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah. Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk, bahkan membunuhnya. Yuk, intip tujuh tanaman pengusir nyamuk pilihan koranindonesia.id di bawah ini!

1. Lavender

Lavender telah lama dikenal khasiatnya sebagai tanaman anti nyamuk paling ampuh di seluruh dunia. Aroma bunganya yang harum sangat disukai manusia namun begitu dibenci oleh nyamuk karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat. Itulah kenapa banyak obat anti nyamuk yang menjadikan lavender sebagai salah satu campuran atau aroma dari obat tersebut. Dilansir dari 99.co

Kamu bisa menempatkan tanaman bunga lavender di dalam pot ataupun langsung di tanah di depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

2. Serai Wangi

Serai wangi adalah tanaman yang sudah terkenal efektif dalam mengusir nyamuk. Efeknya dalam mengusir nyamuk patut diacungi jempol sehingga tidak heran, ekstrak tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan lotion antinyamuk. Anda pun cukup menanam tanaman berwujud seperti rumput liar berdaun panjang ini di perkarangan rumah agar mendapatkan efek pengusir nyamuknya.

Kemampuan tanaman dalam beradaptasi dengan berbagai iklim dan jenis tanah membuat tanaman ini mudah dirawat. Tinggi tanaman dewasanya yang dapat mencapai 100 cm, cocok juga dijadikan pagar tanaman di sekeliling rumah. Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman, serai wangi ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

3. Geranium

Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah.

Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.

4. Neem

Tanaman neem yang dikenal juga sebagai mimba atau intaran ini ternyata tak hanya mampu mengusir nyamuk saja. Di negara asalnya, yaitu India, tanaman yang dijuluki “apotek desa” ini juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat tradisional. Cukup tanam tanaman ini halaman atau pekarangan rumah Anda, maka nyamuk tak akan berani mendekat!

Dikenal sebagai pestisida alami, Anda pun dapat mengekstraksi daunnya untuk dijadikan spray pengusir serangga, bahkan untuk mengusir hama serangga dari tanaman Anda yang lain! Dapat menyesuaikan diri di tanah tandus, tanaman ini mampu tumbuh hingga setinggi 20 meter. Cocok untuk Anda yang menginginkan tanaman rindang sekaligus pengusir nyamuk. Dilansir dari My-best.id

5. Lemon Balm

Seperti namanya, tanaman ini mampu menghasilkan aroma lemon yang segar ketika dihirup. Segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh nyamuk. Nektar bunganya adalah favorit kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang berwarna putih tumbuh, kupu-kupu akan berdatangan. Kebun yang harum dan dikerumuni oleh kupu-kupu cantik, pemandangan yang indah, bukan?

Untuk membuat pekarangan Anda bebas nyamuk sekaligus beraroma segar, lemon balm ini pas menjadi pilihan. Selain itu, daun tanaman ini juga cocok digunakan sebagai penyedap rasa. Lemon balm yang dapat tumbuh hingga setinggi 80-100 cm ini dikenal bisa tumbuh dengan cepat. Anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menikmati manfaatnya.

6. Catnip

Catnip merupakan tanaman yang sering digunakan untuk membuat kucing bertingkah lucu dan menjadi lebih aktif. Tanaman catnip mengandung minyak nepetalactone yang sangat tidak disukai oleh nyamuk sehingga catnip dapat digolongkan ke dalam tanaman pengusir nyamuk.

Kamu bisa menanam tanaman pengusir nyamuk catnip ini di teras depan atau halaman belakang agar nyamuk enggan masuk ke dalam rumahmu. Catnip dapat tumbuh tinggi sehingga kamu harus lebih rutin untuk memangkasnya agar tetap terlihat rapi. Dilansir dari dekoruma.com

7. Bawang Putih

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa, bawang putih juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk, lho! Nyamuk tidak suka dengan aroma bawang putih yang khas yang menyengat.

Untuk memanfaatkannya sebagai tanaman pengusir nyamuk, kamu bisa mengiris bawang putih, kemudian sebarkan pada area di rumahmu yang sering dipenuhi oleh nyamuk, seperti di depan pintu rumah. Jika tidak ingin menyebarkannya secara langsung, coba taruh irisan bawang ke dalam sebuah mangkuk kecil sebagai wadahnya.

 

Nah, itu dia jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk dari koranindonesia.id, menanamnya cukup mudah kok, dirumah kalian sudah ada belum? Selamat mencoba ya! (fch)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.