Banner Pemprov Agustus

65 Desa Pilkades Serentak, Seluruh TPS Pilkades di Muba Ketat Prokes

MUBA,koranindonesia.id- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 resmi digelar serentak, Senin (17/10/2022) yang dilakukan di 65 Desa wilayah Kabupaten Muba.

Pantauan di lokasi saat Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi melakukan pemantauan Pilkades di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Dusun I Desa Lumpatan I Kecamatan Sekayu tampak penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 sangat ketat. Mulai dari fasilitas cuci tangan hingga bilik tempat pencoblosan surat suara yang berjarak 1,5 meter.

“Prokes tetap penting, kita jangan abai. Jadi, seluruh rangkaian Pilkades di Muba harus tetap perketat prokes,” ungkap Pj Bupati Muba, Drs Apriyadi MSi di Pemantauan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Serentak di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022 dan Laporan Secara Virtual dengan Kemendagri di TPS 04 Dusun I Desa Lumpatan I Kecamatan Sekayu.

Pj Bupati ini memastikan pelaksanaan Pilkades di Muba berjalan tertib dan lancar. “Dalam rangkaian Pilkades ini juga untuk pengamanan kita di back up penuh oleh jajaran TNI dan Polri,” urainya.

Apriyadi merinci, ada sebanyak 210 calon Kepala Desa (Cakades) dari total 65 Desa yang melaksanakan Pilkades.
“Tahun ini hanya minus satu Kecamatan yang tidak melaksanakan Pilkades yakni Kecamatan Sanga Desa karena sudah pada tahun 2021 melaksanakan Pilkades,” jelasnya.

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri, Drs Matheos Tan MM berharap, agar pelaksanaan Pilkades di Muba berjalan lancar dan prosesnya tertib dan damai.

“Terima kasih kepada Pj Bupati Muba Apriyadi yang tetap mengedepankan fasilitas prokes dalam rangkaian Pilkades di Muba tahun 2022,” harapnya.

Kepala Dinas PMD Muba, Richard Cahyadi AP MSi menerangkan pelaksanaan Pilkades di Muba dilaksanakan di 14 Kecamatan minus Kecamatan Sanga Desa yang nihil melaksanakan Pilkades.

“Total Cakades ada sebanyak 210 diantaranya 196 Laki-laki dan 14 perempuan Cakades,” urainya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan Pilkades yang tertib dan damai sesuai arahan Bupati Apriyadi, pihaknya berkoordinasi dan sinergi bersama TNI dan Polri.

“Dalam pengamanan Pilkades di Muba akan dibantu 445 personil Polres Muba, 249 personil Kodim 0401 Muba, dan Brimob Polda Sumsel,” tandasnya.

Terpisah Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH bersama Kapolres Muba AKBP Siswandi SH SIK MH meninjau langsung pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah timur Kabupaten Muba, tepatnya di Kecamatan Tungkal Jaya.

Kapolres Muba AKBP Siswandi SH SIK MH mengungkapkan bahwa adapun kekuatan personil dalam pengamanan pelaksanaan pungut suara Pilkades ini sebanyak 445 personil yang terdiri pengamanan TPS sebanyak 236 personil, Dalmas 111 personil BKO Brimob 60 personil PAM sekretariat kantor PMD 7 (tujuh) personil, didukung TNI sebanyak 118 personil serta dengan melibatkan LINMAS sebanyak 302 personil yang akan mengamankan sebanyak 302 TPS yang tersebar di 65 desa dalam 14 Kecamatan di Kabupaten Muba.

“Kita himbau kepada seluruh personil yang terlibat dalam PAM Pilkades, lakukan pengamanan secara maksimal jangan sampai ada gesekan dalam melakukan pengamanan, bila ada permasalahan segera laporkan kepada Padal PAM masing-masing kecamatan,” tegasnya dan kita pastikan semua pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan tertib aman dan terkendali tegasnya

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.