Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

5 Tips Turunkan Berat Badan Dirumah Tanpa Olahraga

 

JAKARTA, koranIndonesia.id – Apakah saat ini anda merasa kalau berat badan anda bertambah setelah makan daging kurban? Dan anda telah mencoba menurunkan berat badan Anda agar kembali seperti sebelumnya? Jika ya, berhasilkah cara Anda? Terkadang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga kardio, namun untuk turun 1 kg saja rasanya sulit.

Padahal kita merasa energi sudah terkuras habis, mengapa timbangan tak kunjung berkurang? Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, Anda pasti ingin mencobanya, bukan? Olahraga memang memakan waktu, belum lagi aktivitas sehari-hari sudah membuat Anda lelah. Komitmen untuk rutin berolahraga pun menjadi sirna. Lalu, adakah solusi lain untuk menurunkan berat badan?

Memang berat badan Anda tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, berikut sejumlah trik untuk menurunkan berat badan dari berbagai sumber.

1. Rutin Sarapan Setiap Hari

Sarapan setiap hari adalah salah satu rutinitas sehat orang-orang yang berhasil menurunkan berat badannya. Dengan sarapan, kita akan makan lebih sedikit saat siang hari dan di jam-jam makan selanjutnya. Selain itu, jika tidak sarapan, kebanyakan orang akan merasa kelaparan dan justru makan lebih banyak kalori di jam-jam makan selanjutnya. Untuk bisa menurunkan berat badan, biasakan sarapan dengan menu yang sehat, seperti roti gandum dengan buah-buahan dan susu rendah lemak.

2. Minum Air Putih Lebih Sering

Cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini dapat membuat Anda memakan sedikit kalori. Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar.

Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Partisipan dari penelitian yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibandingkan dengan yang tidak melakukan cara ini. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih, hindari minuman manis.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur dan buah kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk metabolisme dalam tubuh. Seseorang yang merasa berat badannya berlebih, sebaiknya perlu lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur.

Kandungan serat yang tinggi dalam sayur maupun buah-buahan membuat berat badan akan lebih mudah untuk turun. Sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan tidak hanya sekedar menurunkan berat badan melainkan juga bisa memperlambat penyerapan gula. Sayur dan buah juga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan membersihkan saluran pencernaan.

4. Konsumsi Makanan yang Tepat

Untuk anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

5. Ubah Porsi Makan Menjadi Lebih Sedikit

Awalnya memang akan sulit. Namun ketika Anda berhasil, maka Anda akan terbiasa dengan porsi sedikit tersebut. Jika Anda terbiasa dengan porsi banyak, Anda akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar juga akan menimbulkan risiko obesitas.(fch)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.