Bhintan Shalawat

5 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

PALEMBANG, Koranindonesia.id —  Anggur, sama seperti warna yang mereka miliki, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Baik Anda memilih hijau, ungu, atau merah, berikut adalah beberapa efek perlindungan dari buah lezat yang mungkin Anda nikmati, dikutip dari laman medicaldaily.com sebagai berikut:
  1. Melindungi dari penyakit jantung
Buah dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung karena sejumlah alasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan melawan faktor risiko seperti peradangan dan stres oksidatif. Kandungan kalium dalam anggur – mendekati 300 miligram per cangkir buah – membantu mengurangi tekanan darah dengan melawan efek negatif dari garam. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015, mengkonsumsi anggur merah membantu partisipan mengurangi kadar kolesterol LDL mereka.
  1. Memperlambat penurunan kognitif
Kesehatan otak Anda juga dapat meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa anggur mungkin memiliki “efek perlindungan pada metabolisme otak,” dan karenanya dapat membantu memperlambat penurunan kognitif. Dalam sampel kecil orang dewasa muda, konsumsi jus anggur ungu juga dikaitkan dengan suasana hati yang meningkat. “Mekanisme potensial yang mendasari efek ini termasuk modulasi aliran darah otak, glukoregulasi, dan penghambatan aktivitas monoamine oksidase, yang semuanya memerlukan eksplorasi lebih lanjut,” catat para penulis penelitian.
  1. Perbaikan kulit
Telah disarankan bahwa senyawa tertentu dalam anggur dapat membantu melindungi terhadap radiasi ultraviolet. Satu studi dari Spanyol, misalnya, mendukung penggunaan senyawa ini dalam produk perlindungan matahari. Namun, ini tidak berarti Anda ketinggalan jika Anda hanya memakan buahnya. Minum cukup air penting untuk kesehatan kulit, karena membantu regenerasi sel dan meningkatkan penampilan. Dan seperti yang diperlihatkan Good Housekeeping, anggur adalah 82 persen air, yang berarti mereka sangat berpengaruh terhadap hidrasi Anda.
  1. Membantu pencegahan diabetes
Sementara ini tidak termasuk jus buah karena alasan yang jelas, konsumsi anggur dan buah-buahan utuh lainnya telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2 dalam penelitian. Selain buah yang memiliki indeks glikemik rendah, dikatakan bahwa resveratrol – yang ditemukan di kulit anggur – dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang pada gilirannya, dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
  1. Kemungkinan pengurangan risiko kanker
“Sebagian besar polifenol dalam anggur adalah flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh,” Alissa Rumsey, ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, mengatakan kepada Live Science. Ini menjelaskan mengapa, seperti yang disebutkan sebelumnya, anggur dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Efeknya telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari jenis kanker tertentu seperti yang mempengaruhi saluran pencernaan. Ada hasil yang menjanjikan dalam studi hewan ketika para ilmuwan menguji resveratrol, senyawa yang ditemukan di kulit anggur. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.