Banner Pemprov 17 Agustus

5 Komisioner KPU Palembang Disidang Maraton 7 Hari

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Palembang, Jumat (5/7) dan akan dilangsungkan secara maraton selama tujuh hari.

 

Dalam ruang sidang, ketua majelis hakim, Erma mengatakan, penyelenggaraan 7 hari sidang secara maraton diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 serta peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2018 tentang tata cara sidang tindak pidana pemilu.

“Perkara tindak pidana pemilu diselesaikan 7 hari kerja secara maraton. Tidak akan melebihi, lebih cepat lebih baik. Diminta untuk para terdakwa, penasehat hukum, serta penuntut umum untuk mengikuti sesuai aturan tersebut,” ujar Erma.

Erma menjelaskan, sidang perdana dugaan tindak pidana pemilu dengan terdakwa Ketua KPU Palembang Eftiyani, Komisioner Divisi Teknis Alex Barzili, Komisioner Divisi Syafaruddin Perencanaan Data dan Informasi Adam.

 

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Abdul Malik, serta Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Yetty Oktarina tersebut akan dimulai dengan pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Usai skors salat Jumat, sidang dilanjutkan dengan pembacaan eksepsi (keberatan) dari penasehat hukum terdakwa serta tanggapan JPU selepas skors salat Ashar.

“Usai skors salat magrib sidang dilanjutkan dengan pembacaan putusan dakwaan,” ungkap Erma.

Pantauan di lapangan persidangan dikawal ketat ratusan aparat kepolisian. Beberapa polisi lalu lintas pun berjaga di beberapa titik persimpangan dari dan menuju kawasan PN. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.