Banner Pemprov 2020
Banner september

5 Bahan Alami Pereda Mual

Jakarta,KoranIndonesia.id-Perasaan mual dialami oleh banyak orang, dan ini tentunya sangat mengganggu. Mual biasanya datang ketika Anda salah mengonsumsi makanan, masuk angin, atau tengah dalam perjalanan.

Mual memberikan perasaan yang tidak enak di perut dan membuat Anda merasa ingin muntah. Penyebab umum mual adalah keracunan makanan, efek samping obat-obatan, mabuk perjalanan, kehamilan, dan minum alkohol berlebihan. Mual seringkali juga disertai dengan beberapa gejala seperti pusing, sakit perut, diare, mulut kering, demam, dan lain-lain.

Untuk mengatasi mual yang mengganggu, bahan-bahan alami ini patut Anda coba yang dilansir oleh 1health.id :

1. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi mual. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe sangat efektif dalam mengatasi mual yang disebabkan oleh kehamilan. Baik dikonsumsi mentah atau dimasak terlebih dulu, dua-duanya tetap dapat mengatasi gejala mual. Isaplah setengah potong jahe atau Anda juga bisa menyesap secangkir teh jahe hangat.

2. Kayu manis

Sebuah penelitian menemukan bahwa kayu manis memiliki kemampuan untuk mengurangi mual yang disebabkan oleh nyeri haid. Untuk bisa mendapatkan manfaat kayu manis, tambahkan 1-2 batang kayu manis ke dalam segelas air dan diamkan semalaman. Minumlah setiap kali Anda merasa mual. Anda juga bisa merebus satu cangkir air dan masukkan 2 batang kayumanis ke dalamnya. Biarkan sebentar, dan minum air rebusan kayu manis ini.

3. Peppermint

Peppermint memiliki efek yang menenangkan pada perut sehingga membantu melemaskan otot-otot perut. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak aromaterapi peppermint, sangat berguna untuk mengatasi mual pada wanita pasca melahirkan. Anda juga bisa mengunyah daun mint untuk mengusir mual yang Anda rasakan.

4. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki efek yang baik untuk mengatasi mual dengan membantu Anda tidur ketika Anda merasa mual. Rebus secangkir air dan tambahkan bunga chamomile ke dalamnya. Diamkan sebentar sampai suhu teh menurun lalu Anda bisa meminumnya untuk mengusir mual. Anda juga bisa memanfaatkan teh celup dengan aroma dan rasa chamomile untuk mengatasi mual yang mengganggu.

5. Lemon

Lemon dipenuhi dengan asam sitrat yang dapat membantu menenangkan perut ketika Anda merasa mual. Jika mual disebabkan oleh sembelit, minum air hangat dengan campuran jus lemon dapat membantu merangsang pergerakan usus Anda.

Menurut penelitian di tahun 2015, menghirup aroma minyak esensial lemon dapat membantu meringankan perasaan mual dan muntah pada wanita hamil. Anda juga bisa mengisap irisan lemon kapan pun Anda merasa mual. (YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.