Banner pemprov Sumsel

5.000 Aparat Gabungan TNI-Polri Aman Debat Capres Keempat

JAKARTA,koranindonesia.id-Polda Metro Jaya menyiapkan sedikitnya 5.000 personel aparat gabungan TNI-Polri untuk mengamankan jalannya debat Capres keempat. Pola pengamanan sendiri dibagi menjadi 4 zona. Debat ini berlangsung di Hotel Shangrila Jakarta Pusat, Sabtu (30/03/2019).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri mengatakan seluruh aparat keamanan yang disiapkan akan berjaga-jaga di tempat debat, tujuannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti ledakan petasan pada debat kedua di The Hotel Sultan beberapa Minggu lalu.

“Polri juga akan memasang CCTV mobile untuk debat Pilpres 2019 keempat antara Capres Jokowi-Prabowo. CCTV mobile akan dipasang di venue debat, tempat parkir, hingga jalanan sekitar lokasi debat,” ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (29/03/2019).

Dijelaskan Dedi, selain memasang CCTV mobile, Polri juga menyiapkan teknologi pengenal wajah atau face recognition. Nantinya massa akan terekam wajahnya untuk direkam dalam database Polri. Menurutnya teknologi face recognition, ini untuk merekam siapa saja yang hadir.

“Kita merekam wajah-wajahnya, ini untuk database kita. Kalau nanti terjadi sesuatu, siapa pun yang terekam dalam database kita, kita bisa mengecek kembali latar belakang yang bersangkutan. Ini teknologi yang kita terapkan dalam debat keempat ini,” tandasnya.

Debat sendiri akan mengangkat tema pertahanan-keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan internasional. (erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.