Banner Pemprov 2020
Banner Muba Juni 2020

4 Cara Alami Atasi Kebotakan

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Baik wanita maupun pria tentu ingin memiliki rambut yang indah dan lebat. Sayangnya, ada saja penyebab rambut menjadi tipis bahkan botak. Bagi wanita, masalah ini tentu menjadi hal yang paling ditakutkan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor keturunan hingga penyakit tertentu. Kebotakan, atau istilah medisnya dikenal sebagai androgenetic alopecia seringkali membuat penderitanya merasa tidak pede dan kurang percaya diri.

Untuk mengembalikan rasa percaya diri, berikut kami berikan beberapa cara mudah mengatasi kebotakan secara alami yang terbukti ampuh.

1. Pakai Bawang Merah
Cara mudah mengatasi kebotakan secara alami yang akan disebutkan pertama kamu bisa memakai bawang merah. Sari bawang merah dipercaya mampu mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat. Ini dipercaya karena kandungan sulfur dalam bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
Caranya:
Sediakan bawang merah yang sudah dikupas dan di cuci bersih seperlunya saja
Cincang halus bawang merah, lalu peras hingga keluar sarinya
Aplikasikan sari bawang merah tersebut ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama 15 menit
Setelah waktu habis keramaslah rambut dengan shampoo seperti biasa
Lakukan cara ini secara rutin dua hingga tiga kali seminggu sebelum keramas,

2. Minyak Rosemary
Kini, sudah tidak sulit mendapatkan berbagai jenis essential oil di Indonesia, termasuk jenis minyak rosemary ini. Nah, minyak essensial satu ini memiliki kandungan antiseptik yang membantu merawat dan mengatasi kulit kepala kering, gatal dan berketombe yang menjadi penyebab umum terjadinya kebotakan.
Caranya:
Aplikasikan minyak rosemary secara merata pada kulit kepala
Pijat lembut kulit kepala selama 5 menit dan diamkan selama 15 menit
Setelah itu baru keramaslah dengan sampo yang tepat
Lakukan cara ini secara rutin dua kali seminggu sebelum keramas untuk hasil maksimal.

3. Minyak jojoba
Kulit kepala yang mengalami kekeringan yang parah dan berkepanjangan biasanya berdampak pada munculnya ketombe dan meningkatkan kerontokan pemicu kebotakan.
Nah, minyak jojoba ini adalah salah satu bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang paling recomemnded. Karena minyak jojoba ini mampu melembapkan folikel-folikel rambut di kulit kepala, sehingga membuat rambut menjadi sehat, subur dan kuat.
Caranya:
Cukup panaskan minyak jojoba seperlunya
Dalam keadaan hangat usapkan minyak pada akar kulit kepala secara merata
Diamkan selama 15 hingga 20 menit agar meresap
Setelah itu bilas atau keramaslah rambut dengan sampo seperti biasanya
Lakukan perawatan rambut dengan minyak jojoba ini secara rutin cukup tiga kali seminggu.

4. Lidah buaya
Cara untuk mengatasi kebotakan secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Sejak dulu hingga kini, lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E. Di mana vitamin tersebut berperan untuk mengganti sel. meningkatkan pertumbuhan sel kulit kepala yang sehat dan membuat rambut sehat, bersih berkilau.
Caranya:
Haluskan gel lidah buaya seperlunya
Aplikasikan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan pada kulit kepala secara merata
Diamkan hingga meresap ke kulit kepala selama 30 menit
Setelah itu keramaslah rambut dengan sampo seperti biasanya Untuk hasil yang lebih efektif kamu bisa memakai shampo yang mengandung lidah buaya.

Tentu bagi kamu yang punya masalah dengan kulit kepala agar mengkonsultasikan dulu dengan dokter kalian sebelum mencoba.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.