Banner sumsel

39 Tim Basket 3 On 3 SMA Berebut Piala Rektor UIN RF

PALEMBANG, koranindonesia.id – 39 tim bola basket tingkat SMA memperebutkan piala Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF), dalam Turnamen Basketball 3on3 yang digelar Ikatan Mahasiswa Basket Indonesia (IMBI) UIN RF Palembang.

Ketua Pelaksana IMBI UIN RF Reza Fahveli mengatakan, turnamen bakset tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, dan tahun ini yang ke 12 kalinya.

“Acara ini sebenarnya juga sebagai nilai keunggulan untuk UIN sendiri, karena kami ingin menonjolkan ketertarikan event olahraga kepada masyarakat dan anak muda, melalui turnamen basket ini,” kata Reza usai pembukaan turnamen basketball di lapangan basket UIN RF Palembang, Senin (26/11/2018).

Reza menambahkan, jika acara tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 27-29 November 2018, dan mereka akan menerapkan sistem kompetisi tahunan dengan tim beregu dan individu.

“Jadi kita juga berharap, ini sebagai ajang pencarian bakat, bagi anak-anak yang menyukai olahraga bola basket, tapi menghasilkan prestasi,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo. Ia mengakui, sangat mengapresiasi kegiatan pencarian bakat pemuda dalam bidang olahraga, khususnya bola basket ini.

“Sebagai pelopor pelaksanaan kompetisi di kampus-kampus. Kegiatan ini juga sejalan dengan sistem pembinaan yang kita laksanakan bersama junior NBA,” ungkap Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf juga mengatakan melalui kegiatan ini, peserta yang ikut dapat sekaligus berlatih untuk bisa bermain basket dengan aturan yang benar. Apalagi sebanyak 22% penduduk di Sumsel khususnya Indonesia tertarik dengan cabang olahraga (cabor) bola basket ini.

Tunggu saja nanti di 2022, Insya Allah bibit-bibit muda talenta basket terbaik tanah air, dari Sumatra Selatan (Sumsel) akan terlahir, khususnya dari kompetisi yang dilaksakan oleh UIN ini. Selain melahirkan bintang-bintang baru, khususnya dunia basket di Sumsel.

“Perkembangan basket di Sumsel juga sudah baik, kita dapat melihat dari olahraga profesional, kompetisi yang dilaksanakan di Sumsel, kampus maupun sekolah. Ini sudah menjadi demam, apalagi kita sudah punya Development Basket League (DBL), yang telah mencari bibit unggul di tingkat pelajar, terutama SMP dan SMA. Dan yang kita harapkan kompetisi seperti ini harus dilaksanakan secara terus menerus,” tutupnya.

(sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.