310 WBP Rutan Baturaja Kehilangan Hak Pilih

BATURAJA,koranindonesia.id Sebanyak-310 warga binaan pemasyarakatan (WBP)  Rutan Baturaja kehilangan hak pilihnya pada Pilgub Sumsel 2018. Hilangnya hak pilih warga binaan ini diduga karena Disdukcapil OKU tidak melakukan perekaman data e-KTP.

Kepala Rutan Klas II B Baturaja menyayangkan kejadian itu,  padahal kata Herdianto, Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah mengeluarkan surat himbauan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk terjun langsung ke Rutan untuk melakukan peremakan terhadap WBP.

“Dari 10 poin, poin ketiga menjelaskan jika harus melakukan perekaman warga binaan dalam rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan.  Nah tentu jelas itu, tapi kenyataannya tidak dilakukan,”tegas Karutan, Rabu (27/6/2018).

Memang kata Herdianto belum lama ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil OKU dan penyelenggara pemilu hasilnya setelah dicek hanya 163 orang terdata di data base Disdukcapil, dan berhak mendapat Surat keterangan (Suket).

“Nah yang 310 itu belum sama sekali terdata,  janji mereka (Disdukcapil) akan melakukan perekaman sebelum memilih hari ini tapi nyatanya tidak ada, “tegas Herdianto.

Sementara pihak Disdukcapil OKU hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu.(tin)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.