175 Surat Suara Digeser ke Rutan, KPU OKU: Itu untuk Penuhi Kekurangan

BATURAJA, koranindonesia.id – Anggota KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Divisi Program dan Data Erwin Suharja mengungkapkan, jika ada pergeseran sebanyak 175 surat suara ke Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, pada pelaksanaan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatra Selatan (Sumsel), hari ini, Rabu (27/6/2018).

“Penggeseran surat suara terbanyak terjadi dari TPS 15 ke TPS 18 (Rutan Baturaja) Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur,” kata Erwin, Rabu (27/6/2018) sore.

Erwin menjelaskan, 175 surat suara di TPS 15 itu diambil untuk memenuhi kekurangan surat suara di TPS 18. “Tadi memang ada surat suara di TPS 15 sebanyak 175 diambil untuk memenuhi kekurangan surat suara di TPS 18,” jelasnya pula.

Dilain pihak, Ketua sekaligus Kordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu OKU Anggi Yumarta, Kordiv SDM dan Organisasi Dewantara Jaya, dan Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Yeyen Andrizal mengatakan, pengeseran surat suara dari TPS 15 ke TPS 18 itu dikarenakan ada kekurangan surat suara di TPS 18.

Kekurangan itu dikarenakan, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 18 ada 15 orang pemilih. Namun, dalam Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) hasil koordinasi antara KPU, Disdukcapil, Depkumham (Rutan Baturaja) dan Panwaslu OKU maka dikeluarkanlah Surat Keterangan (suket) bahwa jumlah pemilih di Rutan Baturaja berjumlah 161 orang.

“Setelah dilakukan perekapan ada penambahan setelah di coklit sebanyak 161 pemilih, menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil. Untuk memenuhi kebutuhan itulah surat suara di TPS terdekat yakni TPS 15 diambil untuk TPS 18,” ucapnya.

Banyaknya surat suara yang diambil dari TPS 15 untuk TPS 18 sebanyak 175. “Memang lebih. Ini mengantisipasi atau sebagai cadangan kalau ada kerusakan surat suara. Pengalihan atau pergeseran surat suara tadi, antara lain disaksikan oleh pihak KPU OKU, PPK, PPS dan Panwaslu serta pihak kepolisian,” jelasnya. (tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.