Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba Bayar Pajak

Bersihi Kabin Mobil Usai Banjir

JAKARTA,koranindonesia.id—Beberapa hari lalu Jakarta terendam banji nah bagian Interior mobil paling susah dibersihkan saat terendam banjir adalah  bagian lantai dan karpet yang paling berimbas dan jika tak cepat dibersihkan mengakibatkan bau apek di dalam kabin. Bila sudah demikian maka harus ada penanganan khusus untuk mengeringkan dan membersihkan karpet mobil.

 

“Benar, saat mobil terendam banjir sampai masuk ke interior mobil, ada baiknya bila memungkinkan langsung keringkan dan bersihkan bagian interior mobil seperti karpet mobil,” buka Hardianto atau akrab disapa Hardy dari Classsic Car Interior seperti dilansir situs otomotifnet.

 

“Karpet mobil harus dicopot seluruhnya dan keringkan segera dengan cara dijemur di bawah sinar matahari,” tambahnya. Karena bila tidak dikeringkan segera maka air banjir yang kotor bisa membuat karpet mobil menjadi bau apek. Karena bila menggunakan blower saja maka pengeringan enggak maksimal.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mengusir bau apek pada mobilnya sehabis terendam banjir dilansir www.apritos.com :

1.Copot semua komponen yang ada di kabin, seperti karpet, jok, dan komponen lainnya yang harus segera dibersihkan dan dikeringkan.

2. Pengeringan jok mobil harus tuntas, sampai benar-benar kering. Busa jok mobil beserta kain pelapis jok harus dilepas dan diperas terlebih dahulu. Butuh kesabaran dan ketelatenan dalam mengeringkan jok mobil yang terendam banjir ini. Biasanya, untuk mengeringkan jok mobil perlu waktu sekitar dua minggu dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Dalam mengeringkan jok mobil, tidak boleh menggunakan oven ataupun hair dryer.

Penggunaan alat ini hanya mengeringkan bagian permukaan saja tidak sampai ke dalam, tidak kering maksimal. Untuk cover jok mobil berbahan kulit, waktu pengeringannya lebih cepat daripada cover jok yang berbahan semi kulit. Lalu jangan lupa membersihkan kulit jok dengan pembersih karpet serta semprotan khusus interior. Bersihkanlah jok, sandaran lengan dengan kain. Guna mengangkat noda dengan lembut dan mencegah bau jamur akibat banjir. Dan untuk membersihkan noda pada jok kulit membutuhkan syarat khusus. Kamu harus menggunakan semprotan khusus untuk jok kulit, agar bisa dibersihkan secara maksimal dan tampak seperti baru lagi

3. Karpet mobil harus dijemur kedua sisinya agar keringnya maksimal. Lembaran-lembaran peredam pada karpet dasar sebaiknya dilepas, dibersihkan, dan dikeringkan. Bersihkan karpet dengan semprotan khusus. Beberapa karpet yang sedikit lebih padat, biasanya harus dibersihkan dengan sikat.

4. Terdapat dua pilihan untuk mengurus plafon mobil. Pertama, ganti dengan plafon baru, kedua mempertahankan plafon lama namun hasilnya akan kurang maksimal. Lem pada plafon mobil hanya sekali pakai dan sekali tempel. Selamat mencoba (ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.