Banner sumsel

10 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tak Salah Jurusan

Jakarta, koranindonesia.id—Mayoritas siswa SMA yang masuk kuliah pertama kali sangat antusias mendapat label mahasiswa. Tak ayal, muncul masalah saat program studi mulai berjalan seperti drop out atau merasa salah jurusan.  Hal tersebut sering terjadi saat seseorang salah memilih jurusan kuliah yang pas. Alhasil, studi yang dilakukan pun tidak berhasil dengan baik seperti dikutip renesia.com. Berikut ini, 10 tips memilih jurusan terbaik yang wajib diperhatikan para calon mahasiswa:

  1. Menyesuaikan dengan Keinginan

Kunci awal menjadi seorang yang sukses adalah memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan. Kamu wajib mengetahui minat dan passion terlebih dulu agar tidak salah memilih jurusan. Misalnya Kamu memiliki ketertarikan kuat pada cabang ilmu sains atau IPA, maka bisa memilih jurusan yang tepat seperti Kedokteran, Biologi, Biokimia dan lain-lain.

  1. Motivasi Diri

Motivasi diri sama dengan mengetahui tujuan utama pendidikan tinggi Kamu. Miliki motivasi diri yang kuat agar Kamu bisa menjalani pendidikan di bangku kuliah hingga selesai.

  1. Melihat Potensi

Kamu ingin menjadi seorang dokter tapi tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada pelajaran IPA, tentu akan menyulitkan langkahmu kedepannya. Sebaiknya lihat potensi diri sendiri sebelum menentukan jurusan kuliah yang tepat.

  1. Menyesuaikan Kepribadian

Kepribadian seseorang menentukan karir yang sesuai nantinya. Misalnya Kamu ingin menjadi seorang jurnalis, tentu dibutuhkan kemampuan menggali informasi dan kecakapan komunikasi. Tipikal pendiam sangat tidak cocok dengan karir seperti ini.

  1. Jangan Mengikuti Orang Lain

Memilih jurusan karena mengikuti teman sangat tidak disarankan bagi Kamu yang ingin sukses kuliah. Pilih jurusan berdasarkan pilihan pribadi bukan sekadar mengikuti jejak orang lain.

  1. Menggali Informasi Lebih Detail

Kalau Kamu sudah memiliki universitas idaman, sebaiknya menggali informasi jurusan kuliah di tempat tersebut. Riset ini akan memberikan pertimbangan Kamu tetap lanjut kuliah di tempat tersebut atau memilih kampus lain.

  1. Prospek Karir

Pastikan Kamu memiliki gambaran karir cemerlang nantinya sebelum memilih jurusan kuliah. Misalnya Kamu memilih jurusan Akuntansi, karir di perkantoran atau bank sangat ideal untukmu nantinya. Pilihan jurusan lain pun harus memiliki prospek karir masa depan.

  1. Latar Belakang Lulusan

Tak ada salahnya kalau Kamu mencari tahu latar belakang lulusan jurusan tersebut. Selain mempengaruhi karir, latar belakang lulusan jurusan tersebut bisa memberikan pertimbangan yang lebih matang. Boleh juga melakukan konsultasi dengan orang yang berpengalaman di jurusan tersebut.

  1. Akreditasi

Kalau Kamu memang berniat kuliah di perguruan tinggi, cek kembali akreditasi jurusan tersebut khususnya perguruan tinggi swasta. Akreditasi bisa memberikan indikasi bahwa jurusan tersebut memiliki kredibilitas terpercaya. Akreditasi juga mempengaruhi proses lamaran kerja atau melanjutkan pendidikan lanjutan.

10. Biaya Kuliah

Memilih jurusan memang harus penuh pertimbangan matang termasuk soal biaya. Kamu harus mempertimbangkan kemampuan orangtua dan finansial yang mendukung hingga program studi berakhir. Ingat, pendidikan di universitas membutuhkan waktu yang lebih lama. Biaya yang dibutuhkan pun juga relatif banyak.

 

10 tips memilih jurusan kuliah tersebut bisa menjadi bahan referensi bagi Kamu yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi. Salah memilih jurusan akan berdampak pada Kamu sendiri. So, jangan coba masuk kuliah karena ngikut teman, ya! (sms)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.