Banner sumsel

10 Ribu Anak di Lahat Pegang KIA

LAHAT, koranIndonesia.Id -Sedikitnya 10.644 anak di Kabupaten Lahat, sudah memegang Kartu Identitas Anak (KIA). Lahat sendiri menjadi salah satu dari empat kabupaten/kota di Sumatera Selatan yang menerbitkan KIA.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lahat, sendiri menerbitkan kartu identitas tersebut bagi anak usia 0 sampai dengan 17 tahun.

” Untuk masa berlakunya sampai si anak berusia 17 tahun, setelah itu baru ganti e-KTP,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Hj Novita Anggraini SE MM, Jumat (2/11/2018).

Dikatakannya, untuk mendapatkan kartu yang menyertakan nama orang tua didalamnya tersebut, masyarakat bisa datang ke kantor kecamatan secara kolektif, dengan melengkapi berkas seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Pas poto.

” Kita tidak melayani penerbitan secara indivindu. Sistemnya kolektif di kecamatan, nanti petugas kecamatan yang akan memberikan berkas ke kita,”terangnya.

Meskipun tidak mempunyai target angka, penerbitan KIA masih menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan alat cetak. “Kendalanya alat cuma satu, sering rusak pula. Kalau alatnya rusak, kita hanya mengedit data,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lahat, Yohn Tito mengatakan meskipun tidak ada target, setiap hari petugas harus ada laporan mencetak kartu. “Sehari harus ada laporan cetak walapun satu, pekerjaan dimonitor terus oleh Dirjen Dukcapil,”tegasnya. (Sfr)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.